Start Up

Menetapkan Tujuan Bisnis Agar Mudah Raih Untung

Rita Salim | Asia/Jakarta 10 July 2020
Update: 24 August 2020 06:47:14 +07:00

Tujuan Bisnis Yang Jelas Menambah Kemampuan Untuk Pencapaian Yang Lebih Tinggi

Mengapa Menetapkan Tujuan Sangat Penting Dalam Membangun Bisnis

Bisnis itu bagaikan lari marathon karena cukup panjang dan melelahkan. Akan selalu ada penandaan disetiap kilometer yang sudah dilalui. Kita juga menjadi penyadar berapa lama lagi garis finish tercapai dan apakah tenaga yang dipunyai masih memadai. Tujuan atau garis finish sudah jelas, tempat berlari sudah jelas dan setiap meter yang dilalui ada tanda benchmark yang jelas.

Mengapa penting untuk menetapkan tujuan bisnis?

Bila goal atau sasaran atau tujuan jelas maka kita dapat memusatkan perhatian pada pencapaian hasil yang diinginkan. Semua bisnis ingin mempunyai keluasan dalam profitabilitas. Cepat untuk meraih untung dan balik modal.

Hal ini dapat dicapai dengan penjualan dan pengelolaan pengeluaran dengan benar disamping banyak faktor lainnya. Para karyawan akan merasa tertolong sekali bila perusahaan mengetahui dengan jelas apa yang diinginkan oleh perusahaan, karena tujuan yang jelas membuat segala sesuatu menjadi mudah untuk di kalkulasikan termasuk resiko dan apa yang akan dihadapi dan pemecahan masalahnya.

Goal setting atau penentuan tujuan bisnis haruslah spesifik, terukur, dapat dicapai dan mempunyai perhitungan waktu yang tepat dengan memperhitungkan semua proses yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tersebut.

Lalu apakah yang membuat penetapan tujuan bisnis yang sukses akan mempercepat laju pertumbuhan perusahaan?

Tujuan Bisnis Memberikan Fokus

Ketika sebuah perusahaan menetapkan tujuan, itu membuat prioritasnya jelas bagi semua orang yang terlibat dalam organisasi. Penetapan tujuan adalah untuk menunjukkan kepada karyawan apa yang paling dibutuhkan untuk fokus dalam masa yang akan datang. Hal ini akan membantu memprioritaskan tugas tugas sesuai dengan timeline yang telah di setujui bersama.

Bagi para manajer, ini membantu mereka memutuskan proyek utama mana yang menjadi fokus dan bagaimana cara terbaik untuk membagikan pekerjaan kepada teamnya
Penetapan Tujuan yang Jelas akan mempertahankan motivasi team tetap tinggi.

Tidak peduli seberapa besar kita mencintai pekerjaan atau industri kita, ada kalanya kita tidak ingin berangkat kerja, atau kita merasa malas untuk satu atau dua hari. Bagian dari pentingnya penetapan tujuan dalam suatu organisasi adalah untuk membantu menjaga semua orang termotivasi bahkan pada saat-saat di mana dia mungkin tidak perlu merasa ingin melakukan banyak pekerjaan.

Meskipun seseorang mungkin merasa tidak ingin memberi 100 persen, mereka akan melakukannya jika mereka tahu ada penghargaan dalam setiap pencapaian.

Tujuan Akan Mempromosikan Pencapaian Team

Selain membuat semua orang termotivasi, menetapkan tujuan juga membantu mendorong orang untuk bekerja bersama. Ketika semua orang bekerja menuju tujuan bersama, mereka lebih mungkin untuk bersama-sama mencapainya. Jika ada hadiah kelompok, ini mendorong orang untuk bekerja lebih banyak lagi karena mereka tidak bisa mendapatkan hadiah sendiri.

Tujuan Meningkatkan Semangat

Ketika orang pergi bekerja setiap hari dalam sebuah rutinitas tanpa akhir dan tidak ada tujuan untuk dicapai, akan membuat sesua yang terlibat akan merasa lelah secara emosional. Semuanrutinitas yang berulang tanpa tujuan akan seperti mimpi buruk tanpa akhir. Namun, goal yang jelas akan membantu team merasa bangga akan pekerjaan mereka karena akan ada hasil yang mereka tuai setelah susah payang yang dilalui. Ketika mereka mencapai tujuan yang ditetapkan, maka akan membuat mereka merasa senang. Sedikit keberhasilan akan menambah motivasi dan dapat meningkatkan moral kerja secara signifikan.

Tujuan Membantu dalam Penilaian Ukuran Keberhasilan

Jika kita merencanakan tujuan dengan cara yang benar, maka akan sangat membantu dalam mengukur kesuksesan perusahaan tidak seperti jika kita belum menetapkan tujuan apa pun.

Cara S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Timely) untuk menetapkan tujuan adalah metode yang terbukti membantu memastikan kesuksesan kita.

Agar tujuan kita berhasil, kita harus dapat mengukur kemajuan, dan team kita harus dapat merasakan bahwa mereka memiliki kesempatan untuk mencapai tujuan. Kita kemudian dapat menilai kemajuan dan menyesuaikan tujuan yang diperlukan.

Penetapan Tujuan Berbasis SMART Mempercepat Pencapaian

Pentingnya penetapan tujuan dalam suatu perusahaan atau organisasi adalah sesuatu yang kita tidak bisa cukup menekankan. Tujuan adalah apa yang membuat karyawan kita termotivasi, bahagia, dan siap untuk mulai bekerja setiap hari.

Jika kita menetapkan tujuan dengan cara yang baik sangat membantu meningkatkan produktivitas dan kesuksesan perusahaan kita. Ingatlah prinsip-prinsip SMART, dan selalu terbuka terhadap umpan balik dari karyawan dan manajer kita.

Dan bila tujuan telah dicapai maka rayakanlah keberhasilan tersebut bersama team dan atau karyawan kita karena hal tersebut sangat besar dalam mengingkatkan moral dan motivasi. Perusahaan yang sukses selalu menetapkan tujuan yang mendukung misi bisnis dan mengenali karyawan untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik.

Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Bisnis Perusahaan

Membuat Analisa SWOT

SWOT adalah salah satu alat untuk mengindentifikasi keadaan yang kita punyai dan mengenali situasi tempat bisnis kita bergerak.

SWOT adalah model perencanaan bisnis strategis yang dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan. Dengan melakukan ini maka suatu organisasi dapat mengenali dirinya dan apa yang harus ditingkatkan, diperbaiki atau di pertahankan dalam menghadapi kompetitor di pasar tempat bisnis itu berada.

SWOT adalah akronim dari Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Oppurtunity atau peluang, dan Treat atau ancaman.

Pembuatan analisis SWOT yang terperinci ini memberikan petunjuk untuk menganalisa keadaan dan menjadikannya suatu strategi. Melakukan analisis terlebih dahulu akan membantu dan mengenali tantangan yang ada dan peluang strategis yang tersedia, sebelum mencoba menetapkan target.

Membuat Analisa Internal dan Analisa Kompetitif

Latihan-latihan ini akan membantu kita membandingkan kinerja di berbagai bidang di organisasi. Termasuk juga pada organisasi pesaing atau rekan bisnis kita. Informasi ini akan membantu selama proses penetapan tujuan bisnis dengan menunjukkan di mana kekuatan dan kelemahan perusahaan kita saat ini.

Melakukan Analisa Pasar

Sebaiknya kita juga melihat arah industri yang sesuai dengan bisnis kita? Apa yang sedang tren untuk organisasi pada industri tersebut? Analisis pasar yang menyeluruh akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Peninjauan Kinerja Masa Lalu

Tanpa mengetahui dari mana dan mengapa kita sampai ditempat kita berada, sulit untuk memutuskan ke mana akan pergi. Kinerja masa lalu dapat membantu menginformasikan sejumlah tujuan bisnis masa depan

Meminta Imput dan Masukan Dari Karyawan

Mendapatkan wawasan dari karyawan adalah strategi yang cerdas, karena akan memberikan wawasan tim management Anda dari orang-orang di frontline organisasi.

Tetapi jika Anda benar-benar meminta masukan, bersikaplah terbuka mendengarkan dan kemudian benar-benar menggunakannya — jika tidak, karyawan akan cenderung menggangap semua kebijakan yang ada hanya basa basi.

Menentukan Siapa saja yang Ikut Berpartisipasi Dalam Menentukan Tujuan Perusahaan

Siapa saja yang ikut dalam mendiskusikan tujuan perusahaan dalam organisasi Anda. Apakah Anda akan melibatkan manager menengah atau hanya top management atau hanya dewan direksi. Kami menganjurkan agar top management ke atas yang menentukan tujuan dengan mengambil data dari front line hingga manager menengah.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kesulitan kesulitan yang mereka temui dan biasanya front liner dan manager menengah yang bersentuhan langsung dengan seharihari akan lebih mengenal pasar dari industri organisasi anda berada.

Sebelum Diskusi Penentuan Tujuan, Berikan Peserta Diskusi Bahan Untuk Dibaca Untuk Mempersiapkan Diri

Anda ingin semua orang di ruangan berada di halaman yang sama dan siap untuk berdiskusi karena sudah mengetahui apa yang akan didiskusikan dan mereka mungkin sudah punya gambaran dan ide untuk hal tersebut.

Pastikan Bahwa Setiap Tujuan yang Dibuat harus Mewakili Visi dan Misi Anda

Ini memastikan setiap tujuan berorientasi pada tujuan organisasi kita dalam jangka panjang. Memastikan bahwa goal jangka pendek tidak merugikan tujuan jangka panjang

Diskripsikan Tujuan Bisnis Yang Ingin Dicapai

Semakin spesifik dan deskriptif kita menetapkan tujuan, semakin besar kemungkinan setiap orang memahami setiap tujuan dengan cara yang sama. Misalnya, sasaran seperti "mendapatkan setidaknya enam akun perusahaan baru per kuartal" lebih transparan dan mudah dipahami daripada "menumbuhkan basis pelanggan kami."

Tujuan Bisnis Harus Realistis

Apakah semua tujuan kita dapat dicapai? Apakah ada beberapa yang tidak masuk dalam kemungkinan? Sangat menyenangkan memiliki sasaran yang melebar, tetapi Anda harus dapat mencapainya dalam jangka waktu tiga hingga lima tahun.

Tetapkan Ukuran Bagi Tujuan Bisnis Tersebut

Jika Anda memiliki sasaran yang terlalu besar atau terlalu panjang, bagi sasaran menjadi beberapa langkah dan terapkan tanggal target untuk setiap fase pencapaian tujuan. Pastikan tujuan Anda dapat dilacak, diukur, dan dianalisis dengan cara tertentu.

Langkah Yang Akan Dilakukan Untuk Mencapai Tujuan

Terkadang, menghindari kontradiksi di tujuan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Misalnya, satu tujuan mungkin untuk memiliki kepuasan pelanggan 100 persen sementara yang lain mungkin untuk memaksimalkan keuntungan. Kedua hal ini mungkin tidak sesuai, jadi harus sedikit agar realistis agar tidak membingungkan organisasi atau team

Siapa yang Akan Bertanggung Jawab Terhadap Pencapaian Tujuan?

Siapa yang akan memastikan semua orang tetap di jalur? Tentukan dari awal siapa yang akan memastikan bahwa pelaporan kemajuan berlangsung setiap bulan atau setiap kuartal? Pertimbangkan peran dan tanggung jawab yang diperlukan untuk memastikan kemajuan berkelanjutan.

Identifikasikan Sumber Daya Dalam Mencapai Tujuan

Misalnya, jika salah satu tujuan Anda adalah mengembangkan dan menggunakan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM), apakah kita memiliki dana yang sesuai untuk itu? Keterbatasan anggaran juga harus dipertimbangkan selama proses penetapan tujuan.

Periksa Setiap Langkah dan Kemajuan Dalam Mencapai Tujuan atau Goal Anda

Ini memastikan semua orang yang terlibat tetap mengerjakan tugas terlepas dari berapa banyak waktu yang berlalu. Ingatlah bahwa beberapa penyesuaian mungkin diperlukan saat tim Anda mulai mengejar tujuan-tujuan ini. Jangan takut untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan!

Komunikasikan Tujuan Bisnis Secara Internal

Apakah semua orang di organisasi Anda memahami tujuan dan mengapa Anda memilihnya? Seluruh perusahaan terlibat dalam mencapai tujuan tersebut, sehingga setiap departemen dan setiap individu harus memahami bagaimana kinerja mereka memengaruhi tujuan — dan oleh karena itu, kesuksesan perusahaan secara keseluruhan. Apabila ingin menanyakan dan dibantu dalam menetapkan atau merumuskan tujuan atau strategi bisnis. Kami siap membantu.

Lagi Ramai Dibicarakan

Tren Dompet Digital Apps 2020: Shopeepay Masih Nomer Satu

Tren penggunaan dompet digital atau e-wallet apps dalam tiga bulan terakhir di sejumlah kota besar menunjukkan peningkatan transaksi secara digital terutama sejak pandemi dan adanya aturan physical distancing atau peraturan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Itulah mengapa tren bertransaksi daring dan belanja online semakin populer meski tidak mampu menopang pertumbuhan ekonomi

Strategi Mengelola Bisnis Ditengah Pandemi Corona

Pandemi corona telah menyebabkan resesi dan krisis ekonomi diseluruh dunia. Dibutuhkan strategi bisnis yang jelas dan terukur untuk dapat lebih dari sekedar bertahan ditengah pandemi ini. Langkah-langkah kebijakan publik yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 telah menghasilkan gangguan yang signifikan bagi operasional bisnis. PSBB yang diberlakukan telah menyebabkan distrupsi bisnis dalam skala raksasa. Keterbatasan

Mengapa Manajemen Perubahan Tidak Membawa Hasil

Banyak perusahaan mencanangkan membuat rencana untuk perubahan sebagai bagian dari apa yang disebut manajemen perubahan atau change management. Pada kenyataannya bahwa perusahaan atau organisasi apapun akan mengalami kesulitan untuk berubah walaupun niat dari perencanaan adalah untuk melakukan perubahan. Status quo adalah hal yang paling sulit untuk dirubah. Banyak orang yang mengatakan bukan perencanaan yang membuat

Kegunaan Data Bagi Pengembangan Bisnis

Data sangatlah penting bagi pengembangan bisnis. Sebagian besar perusahaan memulai penggunaan data dengan tujuan untuk memperbaiki pengambilan keputusan. Padahal sebenarnya banyak hal yang di dapat dengan mengumpulkan data dan menggunakan data dengan benar untuk pengembangan bisnis Anda. Selain itu, apa saja yang bisa dilakukan oleh penggunaan data untuk kemajuan perusahaan? Data Membantu Keputusan Bisnis Perusahaan

Teknik Penjualan Yang Jitu Untuk Mendapatkan Pelanggan Bisnis Start Up Anda

Tidak peduli produk atau jasa apa yang dijual oleh bisnis startup Anda atau siapa target pelanggan Anda, perusahaan yang mampu untuk bertahan dan terus mengalami pertumbuhan growth, membutuhkan pelanggan besar dan banyak. Tetapi bagaimana Anda mendapatkan kesepakatan bisnis dan penjualan yang bernilai ratusan juta hingga puluhan milyar rupiah dengan sumber daya terbatas, anggaran terbatas dan

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis