Pertumbuhan

Kegunaan Data Bagi Pengembangan Bisnis

Rita Salim | Asia/Jakarta 22 May 2020
Update: 19 August 2020 16:53:06 +07:00

Data sangatlah penting bagi pengembangan bisnis. Sebagian besar perusahaan memulai penggunaan data dengan tujuan untuk memperbaiki pengambilan keputusan. Padahal sebenarnya banyak hal yang di dapat dengan mengumpulkan data dan menggunakan data dengan benar untuk pengembangan bisnis Anda. Selain itu, apa saja yang bisa dilakukan oleh penggunaan data untuk kemajuan perusahaan?

Data Membantu Keputusan Bisnis

Perusahaan dapat memanfaatkan data untuk mebuat keputusan di beberapa hal yang akan membantu dalam pengembangan bisnis mereka yaitu:

  • Menemukan konsumen baru
  • Meningkatkan retensi konsumen
  • Meningkatkan layanan konsumen
  • Membuat dan mengelola strategi marketing yang tepat
  • Melacak interaksi media sosial
  • Memprediksi tren penjualan

Data Memecahkan Masalah Bisnis Growth

Bila suatu perusahaan mempunyai keinginan untuk pengembangan bisnis akan terganggu bila mengalami mengalami bulan penjualan yang lambat. Juga bila ternyata kampanye pemasaran yang diharapkan meningkatkan penjuala malah mempunyai kinerja buruk. Anda tentu ingin tahu apa saja yang salah dan berusaha memperbaikinya. Melacak dan meninjau data dari proses bisnis membantu Anda mengungkap gangguan kinerja sehingga Anda dapat lebih memahami setiap proses dan mengetahui langkah-langkah mana yang perlu diperbaiki dan bagian mana yang berkinerja baik

Data Alat Menilai Kinerja Perusahaan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana kinerja tim atau devisi di perusahaan Anda? Juga pernahkah Anda melakukan penilaian kinerja perusahaan Anda secara keseluruhan seperti menilai kinerja tim pemasaran, layanan pelanggan, pengiriman, atau bagian lain dari perusahaan Anda?

Mengumulkan data dan melihat data penting bukan hanya sekedar menilai kinerja tetapi dapat memperbaiki kinerja dengan sistem yang lebih baik sehingga penggunaan dana perusahaan untuk bisnis growth lebih efektif dan efisien

Data Memperbaiki Proses Untuk Pengembangan Bisnis

Data membantu Anda memahami dan meningkatkan proses bisnis sehingga Anda dapat mengurangi uang dan waktu yang terbuang. Di setiap perusahaan pasti mengalami yang nanamnya sebuah sumber daya tersia siakan. Hal ini terjadi bila proses tidak diperbaki ketika diketahu bahwa hasil yang diharapkan tidak maksimal.

Disinilah pentingnya mempunyai data. Setiap proses didokumentasi kan dengan jelas dan kemudian dibandingkan dengan hasil yang terjadi. Data tersebut bisa di analisa dengan tujuban untuk perbaikan dan peningkatan hasi bagi pengembangan bisnis.

Tetapi yang harus di pertanyakan adalah data yang mana yang berperan penting bagi pengembangan bisnis?.

Data Saja Tidak Cukup

Dua pertiga dari kuantitatif yang perusahaan punya belum dapat menjawab pertanyaan yang sering muncul yaitu "mengapa?". Kebanyakan data hanya mampu menjelaskan fakta saja tetapi belum bisa menjelaskan alasan di balik fakta yang terjadi tersebut. Juga belum bisa menjelaskan motif dan prilaku di balik dari kejadian yang digamparkan oleh data tersebut. Karena itu diperlukan data kuantitati dan data kualitatif untuk menjelaskan suatu fakta sehingga data tersebut bisa mermanfaat untuk pengembangan bisnis dan pemecahan masalah yang terjadi di dalam perusahaan. Analisa data ini sangat penting untuk bisnis growth perusahaan Anda karena yang di perlukan adalah interpretasi dari data tersebut agar bisa di ambil tindakan lebih lanjut.

Pada kenyataannya 51% dari data yang ada adalah data yang tidak terstruktur. Memahami data yang tidak terstruktur sangatlah tidak mudah karena akan banyak fakta kecil penting yang di abaikan atau dianggap kurang penting.

Ada tiga tahapan penting yang diperlukan untuk memahami data yang tidak terstruktur, yaitu memahami data yang ada, mengolah data yang ada, dan menghasilan temuan dari data yang ada.

Tahapan menghasilkan temuan adalah sangat penting bagi bisnis growth, karena cara menyampaikan temuan akan menunjukan seberapa penting interpretasi data yang didapatkan. Sering kali bahwa temuan yang sangat penting didapat dari data tersebut sangat insightful, tetapi terlewatkan begitu saja karena salah dalam mempresentasikannya. Ketiga tahapan tersebut berguna untuk strategi atau pemecahan masalah yang akan membawa perbaikan bagi bisnis Anda.

Salah satu contoh penggunaan data untuk pengembangan bisnis adalah dalam rangka mengerti konsumen. Banyak sekali produk yang mendekati konsumen. Dan kewajiban perusahaan adalah mengenal siapa konsumen mereka.

Ada beberapa langkah yang bisa di lakukan seperti memahami konsumen sebagai teman. Perusahaan bisa melihat keseharian yang dilakukan oleh konsumen mereka. Data ini bisa di gali dari interaksi konsumen Anda di sosial media. Data tersebut bisa di gunakan untuk membuat strategi marketing yang lebih tepat sasaran.

Perusahaan juga harus mengetahui dan memahami siapa kompetitor mereka. Data ini selain bisa di amati dari dinamika pasar, bisa pula didapatkan data kompetitor dari konsumen Anda sendiri.

Setelah itu Anda bisa memahami faktor apa saja yang penting bagi konsumen untuk membuat keputusan yang akan berujung pada pembelian produk atau jasa dari suatu perusahaan. Data yang di dapat dapat dikaitkan dengan atribut produk yang di punyai sehingga konsumen bisa mudah memutuskan karena sesuai dengan nilai yang mereka punya ketika mengambil keputusan pembelian.

Bila perusahaan melakukan pengumpulan data dan dapat membuat temuan dari data tersebut maka temuan dari data itu yang penting untuk dijadikan landasan dalam pengembangan bisnis Anda

Lagi Ramai Dibicarakan

Mengetahui Minat Bakat Tanpa Tes Kepribadian Secara Akurat

Ada sebuah metode untuk mengetahui minat bakat dan kemampuan kerja karyawan tanpa memerlukan tes kepribadian atau psikotes. Hanya diperlukan observasi dan sedikit wawancara untuk mendapatkan hasil yang akurat dan dapat dipercaya. Suatu kali, ketika saya memberikan konsultasi pada perusahaan yang mengalami penurunan performa. Saya mengamati dalam kegiatan operasional perusahaan sehari-hari, cukup banyak jumlah karyawan sedang

Tren Dompet Digital Apps 2020: Shopeepay Masih Nomer Satu

Tren penggunaan dompet digital atau e-wallet apps dalam tiga bulan terakhir di sejumlah kota besar menunjukkan peningkatan transaksi secara digital terutama sejak pandemi dan adanya aturan physical distancing atau peraturan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah. Itulah mengapa tren bertransaksi daring dan belanja online semakin populer meski tidak mampu menopang pertumbuhan ekonomi

Meningkatkan Produktivitas Saat WFH Di Era New Normal

Solusi mengatasi pandemi COVID-19 dengan menerapkan lockdown atau PSBB telah memaksa perusahaan merumahkan karyawan. Bagi sejumlah perusahaan yang tidak melakukan PHK maka work from home (WFH) dapat menjadi solusi untuk menyelamatkan produktivitas bisnis yang telah dibangun selama ini. Dari sisi biaya, WFH menyenangkan dan menguntungkan kedua belah pihak. Bagi karyawan yang tidak mengalami pengurangan gaji

Strategi Mengelola Bisnis Ditengah Pandemi Corona

Pandemi corona telah menyebabkan resesi dan krisis ekonomi diseluruh dunia. Dibutuhkan strategi bisnis yang jelas dan terukur untuk dapat lebih dari sekedar bertahan ditengah pandemi ini. Langkah-langkah kebijakan publik yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 telah menghasilkan gangguan yang signifikan bagi operasional bisnis. PSBB yang diberlakukan telah menyebabkan distrupsi bisnis dalam skala raksasa. Keterbatasan

Menetapkan Tujuan Bisnis Agar Mudah Raih Untung

Mengapa Menetapkan Tujuan Sangat Penting Dalam Membangun Bisnis Bisnis itu bagaikan lari marathon karena cukup panjang dan melelahkan. Akan selalu ada penandaan disetiap kilometer yang sudah dilalui. Kita juga menjadi penyadar berapa lama lagi garis finish tercapai dan apakah tenaga yang dipunyai masih memadai. Tujuan atau garis finish sudah jelas, tempat berlari sudah jelas dan

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis