Bisnis UKM

Cara Memulai Bisnis Di Sektor Pertanian Yang Sedang Prospektif di 2020

Evano Radhika | Asia/Jakarta 2 January 2020
Update: 26 June 2020 13:09:52 +07:00

Bisnis dibidang pertanian dan sektor agribisnis akan selalu prospektif sepanjang masa karena kebutuhan akan produk ini selalu ada sepanjang peradaban manusia. Salah satu kunci kesuksesan pada bidang ini adalah efisiensi lahan dan metode pertanian itu sendiri. Keunggulan dari bisnis pertanian adalah dapat dimulai secara kecil-kecilan dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk kemudian diperluas bila telah menemukan pasar yang sesuai. Namun langkah langkah apa yang harus diambil terlebih dahulu sebelum terjun dengan totalitas tanpa batas pada sektor ini?

Langkah paling awal yang harus dipecahkan adalah memiliki lahan akan tetapi hal ini sangat fleksibel sebab teknologi pertanian zaman kini telah cukup maju, kendala lahan bisa diatasi dengan membuat sendiri 'lahan' dari media tanah, polibag, hidroponik maupun pertanian vertikal. Apabila masalah lahan sudah dapat terpecahkan, berikut ini hal yang harus diperhatikan jika ingin memulai usaha disektor pertanian.

Belajar Soal Bercocok Tanam

Terjun dalam bisnis sektor pertanian dan agribisnis ini, maka kita harus terlebih dahulu mempelajari mengenai pertanian. Menanam memang mudah tetapi untuk menanam pada skala komersial diperlukan keahlian khusus. Belajar mengenai pertanianpun tidak semua jenis tanaman dan cara merawatnya perlu pelajari. Cukup dengan mempelajari jenis tanaman yang cocok dengan lahan yang ada atau tanaman yang sudah memiliki pangsa pasar yang jelas serta mudah pendistribusiannya adalah pilihan awal yang bagus untuk memulai bisnis ini. Belajar bertani juga harus siap dengan yang namanya "trial and error" dan eksperimen karena terlalu banyak faktor lingkungan yang memperngaruhi pertumbuhan tanaman. Untuk tempat belajar terdapat banyak pilihan mulai dari otodidak dengan membaca buku petunjuk tentang bertani hingga bergabung pada komunitas penggiat pertanian atau dapat langsung menghubungi departemen pertanian yang secara rutin mengadakan pelatihan pelatihan tersebut tanpa dipungut biaya.

Membuat Bisnis Plan

Selama masa pembelajaran tersebut, kita dapat melakukan survey pasar dan riset untuk dapat mulai membuat bagian penting dari bisnis pertanian kita, yaitu menentukan rencana bisnis pertanian profesional yang berisikan strategi-strategi bisnis termasuk SWOT. Termasuk menentukan bentuk hingga visi dan misi perusahaan seperti memiliki kebun sayur skala mikro atau berencana untuk menanam dengan skala raksasa hingga berhektar-hektar, badan hukum dari bisnis hingga rencana penjualan.

Ini diperlukan untuk mengetahui modal yang dibutuhkan, waktu balik modal atau istilah kerennya return on investment, road to market hingga harga hasil pertanian sebab berbisnis disektor pertanian selain memberikan keuntungan yang cukup besar dibanding dengan sektor industri lain namun juga membutuhkan modal dan waktu yang cukup banyak agar dapat mengurangi resiko yang tidak perlu.

Membuat Marketing Plan dan Rencana Keuangan

Setelah sukses bercocok tanam, membuat bisnis plan langkah berikutnya adalah membuat rencana detil untuk marketing plan serta rencana anggaran belanja keuangan tahunan. Pada tahap ini kita harus sudah memiliki actionable plan dari strategi bisnis yang telah dibuat ditahap sebelumnya.

Marketing plan ini terdiri dari berbagai bagian yang didalamnya terdapat pertimbangan pemilihan target pasar, penawaran, dan permintaan. Setelah itu, kapan dan dimana penjualan produk pertanian serta berapa harga pasaran menjadi penting untuk diketahui dengan jelas. Hal yang perlu dilakukan adalah survei pasar lanjutan, mulai menawarkan produk ke pasar dan bila memungkinkan mencari strategic partnership yang dapat menyerap produk kita dengan cepat

Tetapi cara termudah dan sederhana meskipun hasilnya tidak akan seakurat bila melakukan riset pasar sendiri adalah bergabung dalam komunitas atau paguyuban petani sehingga bisa mengetahui hal mengenai penjualan dengan mudah. Dalam komunitas agribisnis, bisa cepat mengetahui siapa saja yang berminat membeli produk tersebut dan mungkin dapat menemukan para penampung.

Ekspansi Pasar dan Skala Bisnis

Setelah berhasil dan menikmati hasil dari bisnis pertanian skala kecil kini telah tiba saatnya untuk beranjak ke skala yang lebih besar lagi dan melakukan ekspansi. Namun bisnis skala besar tentu membutuhkan modal yang besar dan resiko yang juga besar bila mengalami kegagalan karena mismanagemen, sementara penghasilan yang berhasil dikumpulkan dari bisnis skala terkait kurang memenuhi kebutuhan modal untuk melakukan skala masif.

Pada saat ini kita harus memanfaatkan program kredit atau pinjaman untuk memperbesar skala bisnis ini. Tentu juga mendapatkan pinjaman dari perbankan cukup berat dan banyak sekali pemilik bisnis UKM gagal dalam melakukan ini karena bisnis yang selama ini mereka lakukan tidak sesuai dengan prinsip prinsip bisnis modern yang dapat ditawarkan ke investor atau perbankan seperti belum memiliki pembukuan yang baik, struktur bisnis yang jelas, rencana suksesi bila pemilik meninggal dunia, administrasi bisnis yang belum tertata dengan baik, standar operasional yang sistimatis, dan sebagainya karena itu buatlah persiapan yang matang sebelum melangkah kelangkah selanjutnya untuk menjadi pengusaha agribisnis sukses.

Bisnis Unggulan Pertanian Yang Prospektif 2020

Pada tahun 2020 mungkin saja beberapa orang akan berpikir untuk terjun dalam bisnis pertanian karena dengan lahan yang semakin sempit, agribisnis memang menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan untuk digeluti karema membutuhkan modal yang sedikit untuk dimulai. Lagi pula bisnis pertanian tak hanya sebatas soal tanam menanam komoditas pangan yang berprofit besar, namun diluar itu masih banyak potensi dari sektor ini yang dapat digali hanya jika kita cermat mengamati pergerakan pasar.

Selain memang menjanjikan ternyata modal bisnis pertanian tidak selamanya soal lahan dan modal besar terutama karena sudah banyak terobosan dalam bidang ini yang memungkinkan lahan kecil untuk produktif.

Untuk itu berikut ini bisnis sektor pertanian dan agribisnis yang Anda bisa jalankan :

Membuka Toko Alat Pertanian

Setiap industri pasti terdapat sektor hulu , hilir dan penduking. Dan tidak selamanya pada sektor agribisnis dan pertanian ini adalah masalah soal menanam, tetapi menjual peralatannya atau supplierpun bisa menjadi bisnis yang menjanjikan dengan pertumbuhan yang cukup tinggi. Biasanya toko pertanian tersebut menjual berbagai macam pupuk, benih tanaman, cangkul, traktor dan sebagainya. Sedangkan pada kota kota besar di Indonesia kebanyakan, bisnis toko alat-alat pertanian yang masih cukup menjanjikan. Mengingat di beberapa pendukung atau kota satelit dari kota besar di Indonesia seperti Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang Selatan, Sidoarjo dan lainya, terdapat banyak masyarakat dan komunitas yang hobi bertani di lahan sempit tentu membutuhkan peralatan pertanian.

Menjadi Penyalur Benih Tanaman

Bisnis jual beli benih tanaman juga salah bisnis yang sangat bagus untuk dijalankan, mengingat permintaan benih ini selalu mengalami kenaikan yang dahsyat. Banyak jenis yang bisa dieksplorasi untuk dijual  mulai dari bibit tanaman buah-buahan, sayur sayuran maupun benih tanaman hias. Untuk memulai bisnis bibit tanaman, ilmu diharuskan dikuasai metode pembibitan dan juga memiliki pohon yang dapat dibibitkan. Pangsa pasar bisnis bibit tanaman pertanian sangatlah luas meliputi para petani dan hobbist baik di perdesaan maupun perkotaan.

Lapak Penjualan Tanaman Hias Eceran

Bisnis tanaman hias yang sering dijumpai didaerah perkotaan maupun kota satelitnya. Bisnis disektor tanaman hias ini adalah yang paling sulit karena sangat bergantung dari tren dan kegemaran masyarakat, dibutuhkan kejelian yang tajam dalam menentukan jenis yang akan ditanam akan tetapi keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias ini cukup besar. Pada saat suatu jenis tanaman hias lagi booming seperti adenium, dan bonsai maka keuntungan yang didapat dari bisnis kecil kecilan ini mampu menembus angka hingga ratusan juta rupiah dan laris manis serta habis hanya dalam hitungan hari. Kebutuhan manusia akan keindahan dan estetika untuk tempat tinggal menjadikan bisnis tanaman hias ini adalah bisnis menguntungkan yang langgeng sepanjang waktu.

Lagi Ramai Dibicarakan

Daftar Lokasi Dan Cara Mendapatkan Pinjaman Dari Bank Wakaf Mikro

Sebelum kita melihat daftar lokasi bank wakaf mikro yang tersebar diseluruh Indonesia, ada baiknya kita mengetahui apa itu bank wakaf mikro, mengapa BWM itu lebih baik dari bank konvensional bahkan dari bank syariah itu sendiri. Pada bagian akhir akan dijelaskan bagaimana cara meminjam serta syarat untuk mendapatkan pinjaman dari bank wakaf mikro ini. Imbal hasil

3 Cara Menjadikan Bisnis UMKM Sukses Secara Digital

Terdapat 3 (tiga) cara bagi pemiliki bisnis sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM dan UMKM) agar sukses serta menjanjikan untuk selalu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air di era digital. Ketiga cara tersebut adalah kreativitas, digitalisasi, dan sinergi yang merupakan kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian nasional yang

Kostaman Petani Stroberi Omzet Ratusan Juta dan Peluang Bisnisnya

Pepatah lama yang menyatakan "hidup seperti roda berputar" tampaknya berlaku bagi Kostaman. Berawal dari menjadi asisten sopir angkutan produk pertanian dan perkebunan. Kini Kostaman sukses memanfaatkan peluang bisnis stroberi untuk menjadi pemasok buah dan sayuran ke sejumlah gerai ritel. Omzet perjualannya mencapai ratusan juta rupiah per bulan. Lewat perusahaan Yan's Fruit and Vegetables, ia rutin

Rahasia Sukses Bisnis Startup Kuliner Manna Healthy Bakery

Tak ada yang mudah dalam membangun bisnis kuliner jika tidak dibarengi dengan kesabaran dan ketekunan karena sukses tidak datang dalam satu hari. Tak jarang, belum genap setahun, usaha pun sudah tinggal cerita. Seperti dialami Jenny (25) yang memang penuh banyak rintangan dalam menjalankan bisnis roti bernama 'Manna Healthy Bakery'. Ia mengaku tidak memiliki latar belakang

UKM BRILian Yang Naik Kelas Dengan Penjualan Capai 150 Milyar Per Hari

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menargetkan transaksi pada hari pertama pameran "UMKM BRILian Preneur 2019" mencapai Rp 150 miliar.  Pemeran selama tiga hari ini meliputi coaching clinic tentang bagaimana branding dan packaging, dan bagaimana mendapatkan sertifikasi halal untuk pasar yang mayoritasnya muslim. Direktur Utama Bank BRI, Sunarso mengatakan, acara ini diselenggarakan dengan tujuan utama

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis