Metode Pelatihan

Bagaimana memilih metode sales training yang tepat seperti kursus penjualan, pelatihan one on one, on the job training, konfrensi atau quiz trivia

Sales trainer mengajarkan metode presentasi dalam salesmanship program

Dengan berbagai macam penilaian yang telah Anda buat untuk menilai keterampilan dan kinerja dari tim sales, maka sudah sangat wajar apabila timbul pertanyaan bagaimana cara mengajar dan melatih sales training kepada mereka agar mampu menjadi tim sales yang berkinerja tinggi dan selalu dapat mencapai target yang Anda inginkan.

Ada sejumlah besar pilihan yang tersedia dalam metode sales training dan tidak ada satupun yang tepat untuk setiap perusahaan atau setiap tim sales. Karena itu akan lebih baik bila Anda bereksperimen dengan banyak metode dan kemudian menilai metode training apa yang memberikan hasil terbaik dan apa yang berfungsi dengan struktur dan jumlah tim sales di perusahaan Anda.

Misalnya, jika perusahaan Anda adalah perusahaan startup yang masih berada pada tahap awal dengan tim penjualan kecil maka membuat beberapa kursus sales singkat atau menyelenggarakan pelatihan langsung one on one dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun keterampilan tim sales selama tim sales masih dalam tahap pembentukan.

Memilih Metode Sales Training Yang Tepat

Seiring dengan bertumbuh dan berkembangnya perusahaan maka jumlah metode sales training yang dapat diterapkan juga semakin meningkat, disamping karena adanya keluasan anggaran atau karena metode one in one akan memakan waktu terlalu banyak. Metode lain yang dapat dipilih adalah dengan membawa konsultan luar atau mengirim anggota kunci tim sales yang berperforma tinggi ke konferensi yang lebih besar untuk mendapatkan pelatihan serta untuk dapat menyesuaikan pelatihan penjualan dengan tepat.

Dibawah ini adalah beberapa format metode yang paling umum untuk memberikan sales training atau pelatihan penjualan:

Kursus Penjualan

Yang dimaksud disini bukalah untuk mengirimkan tim sales Anda ke perguruan tinggi akan tetapi metode kursus yang unik, baik secara offline atau online, adalah cara yang baik untuk memperkaya dan mentransfer pengetahuan tentang penjualan dari ahli penjualan kepada karyawan diperusahaan Anda. Metode kursus juga dapat memungkinkan karyawan sales yang berperforma baik untuk melakukan training kepada karyawan lain pada jadwal yang telah ditentukan sambil memungkinkan Anda untuk memonitor perkembangan serta kemajuan keterampilan tim sales perusahaan Anda.

Pelatihan One On One

Pelatihan one on one yang berlangsung singkat untuk tim sales dapat menghilangkan kebosanan akan rutinitas pada hari kerja dan dapat menjadi cara yang baik untuk membangun kegembiraan dan motivasi baru. Jika Anda dapat melakukan pelatihan pada seluruh anggota tim maka mengambil beberapa jam kerja untuk menyatukan semua orang dan membangun semangat baru dalam bekerja.

Pastikan Anda memilih konsultan yang benar benar profesional yang memiliki pengalaman sebagai orang sales yang memulai karir penjualannya dengan door to door sehingga kursus sales training ini benar benar akan bermanfaat bagi tim sales Anda pada saat bekerja dilapangan. Untuk ini maka haruslah ditetapkan terlebih dahulu tujuan dari sales training ini untuk kemudian dikomunikasikan kelemahan tim sales yang ingin diperbaiki dengan konsultan yang akan mengadakan pelatihan tersebut.

Alangkah baiknya apabila Anda mampu mencari konsultan sales training yang juga memiliki latar belakang marketing yang baik karena hal ini akan sangat membantu membuka wawasan bagi tim sales untuk memamahi keterkaitan yang erat antara sales dan marketing.

On The Job Training

Ketika perusahaan Anda menjadi semakin besar dan berkembang dan tim sales juga berkembang menjadi terlalu besar maka sales training yang dilaksanakan terpadu dikantor pusat tidak lagi menjadi cara yang efektif dari sisi penyerapan ilmu ataupun biaya untuk mendatangkan semua sales force dalam satu lokasi pada waktu yang bersamaan. Pada saat seperti ini, mungkin sudah waktunya untuk mengirim konsultan sales langsung ke cabang cabang untuk melakukan pelatihan karena hal ini akan sangat menghemat biaya transportasi dan mengurangi gangguan operasional perusahaan. Konsultan yang baik akan membawa banyak nilai nilai baru dari sisi pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta informasi yang berharga yang dapat disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Ini juga dapat membantu tim sales untuk lebih cepat memiliki kinerja yang tinggi.

Konferensi

Konferensi tidak hanya bagus untuk membangun jaringan bisnis tetapi juga memungkinkan tim Anda belajar dari sumber lain diluar perusahaan yang terdiri dari para pemimpin bisnis yang telah terbukti kinerjanya serta mendapatkan informasi tentang apa yang akan terjadi di pasar dan tren tren baru dalam bidang penjualan maupun teknologi penjualan yang dapat diterapkan segera kedalam bisnis Anda. Pastikan juga untuk menekankan pentingnya membawa kembali nilai tambah baru pada perusahaan untuk memastikan bahwa seluruh tim mendapatkan manfaat dari konferensi tersebut, bukan hanya orang orang khusus dari tim sales yang terpilih saja. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan tugas untuk mengajarkan apa yang mereka dapatkan dalam konferensi tersebut kepada mereka yang tidak terpilih untuk hadir karena hal ini akan memberikan manfaat tambahan bagi mereka yang hadir untuk memperkuat pembelajaran mereka.

Quiz dan Trivia

Meskipun ini tidak terlihat sebagai teknik sales training seperti yang lain, akan tetapi memiliki sumber daya manusia yang selalu tersedia untuk mengajar dan mengajukan pertanyaan pertanyaan seperti quiz dan ujian akan sangat membantu tim sales untuk selalu mengasah keterampilan mereka dan menjadi kreatif.

Quiz semacam ini akan sangat membantu dalam memperkuat apa yang telah mereka pelajari dalam pelatihan selain mengajarkan apa yang telah mereka pelajari seperti yang telah kita bahas diatas. Pertanyaan dan ujian mendadak seperti ini pada dasarnya adalah Anda melatih tim sales untuk selalu siap dan sigap karena tanpa pengetahuan yang benar akan sulit sekali bagi mereka untuk bersaing dengan kompetitor lain. Jadi disini sebagai leader yang baik, Anda telah ikut melatih mereka untuk membantu diri mereka sendiri.

Ada banyak perusahaan yang benar-benar menggunakan saran kami ini untuk membantu dan menyeleksi tim sales mereka agar dapat selalu tumbuh seiring dengan pertumbuhan perusahaaan.

Terakhir diperbaharui: 17 August, 2020

Ditinjau oleh: Johan Diharja

Baca Artikel Sebelum:
Metode Pelatihan

Baca Artikel Sesudah:
Sales Training

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis