Meningkatkan Penjualan

Manfaat Early Adopter Untuk Meningkatkan Penjualan

Pengguna awal atau konsumen Early Adopter sangatlah penting dalam meningkatkan penjualan dan kesuksesan suatu produk atau bisnis baru terutama perusahaan start up. Mereka adalah sekelompok kecil orang dengan jumlah hanya 14 persen adalah termasuk orang pertama yang berani mencoba suatu ide, proses, jasa atau barang baru. Mereka ini termasuk orang yang suka mencoba serta mengeksplorasi hal baru, mengandalkan intuisi dan visi mereka dalam memilih produk atau jasa yang akan mereka gunakan.

Kadang pengguna awal ini sering disebut pelanggan mercusuar karena berfungsi sebagai mercusuar untuk diikuti oleh seluruh populasi konsumen lainnya.

Pengguna awal ini yang akan membawa teknologi atau produk baru yang belum pernah digunakan sebelumnya menjadi hal yang digunakan secara umum oleh seluruh masyarakat. Karenanya pengguna awal ini sangat penting bukan saja untuk teknologi baru tetapi juga untuk bisnis start up atau brand yang baru diperkenalkan ke konsumen.

Persepsi Konsumen Faktor Penting Untuk Meningkatkan Penjualan

Persepsi konsumen adalah hal yang penting. Sering sekali saya sebagai marketer mendengar bahwa produk ini sudah bagus dan bila diletakan ditoko maka penjualan produk akan meningkatkan dirinya sendiri. Logika yang sering saya dengar adalah bahwa setiap konsumen akan mencari produk yang terbaik dan produk yang kita miliki adalah yang terbaik maka konsumen pasti akan membelinya.

Persepsi Terhadap Kualitas Produk Lebih Penting

Kualitas produk sangatlah penting bagi setiap konsumen. Secara naluriah, setiap orang akan membeli produk dengan kualitas yang paling baik dengan harga yang paling masuk akal bagi konsumen tersebut.

Banyak orang berpikir bahwa mereka selalu memilih secara rasional. Pertimbangan mungkin dilakukan secara rasional tetapi tidak ketika melakukan pengambilan keputusan. Pada kenyataannya setiap pengambilan keputusan terjadi secara emosional. Kita melihat sesuatu bukan seperti apa adanya tetapi kita melihat sesuatu dengan persepsi kita terhadap sesuatu tersebut. Jadi sebenarnya bukan melulu tentang kualitas produk, tetapi persepsi terhadap kualitas yang lebih penting.

Terakhir diperbaharui: 20 August, 2020

Ditinjau oleh: Rita Salim

Dapat tips mingguan tentang cara meningkatkan pertumbuhan dan penjualan perusahaan melalui newsletter kami. Ayo daftar segera!

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis