Keuntungan Memakai Email Marketing

Email marketing adalah traction tool yang paling cost effective dari semua program omni channel marketing serta memberikan ROI paling tinggi. Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh pemilik bisnis dengan menggunakan email blast untuk meningkatkan penjualan

Millenial Menikmati Keuntungan Email Marketing / Investment Executive

Pada kesempatan ini akan kita bahas manfaat keuntungan email blast marketing. Yang dimulai dengan dua pertanyaan penting yaitu mengapa jasa email blast marketing di Indonesia lebih hemat biaya daripada channel marketing seperti brosur, sosial media bahkan telesales. Mengapa channel marketing ini menghasilkan keuntungan atas biaya yang tinggi serta customer engagement metric daripada alat marketing lainnya?

Mengapa pemasaran melalui email memberikan keuntungan seperti itu bila dibandingkan bentuk pemasaran tradisional lainnya? Mengapa kita harus mulai segera menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk mulai mengembangkan email marketing strategi? Bila dibandingkan dengan bentuk alat marketing lainnya, program email blast menghadirkan sejumlah manfaat bagi perusahaan atau bisnis yang harus pertimbangkan seperti

1. Menghemat Waktu Untuk Menyampaikan Pesan

Luangkanlah waktu sejenak untuk memikirkan waktu dan upaya yang diperlukan dalam merencanakan dan mengeksekusi program komunikasi langsung ke konsumen atau direct selling B2B yang menggunakan salah satu dari dua alat direct marketing atau pemasaran langsung secara offline yang paling umum dipakai seperti

  • Kampanye Telesales. Selain harus membuat skrip telesales, skenario dan SOP, kita juga harus menunggu sementara waktu tim agen penjualan telesales melakukan panggilan telepon beserta siklus follow up kepada semua prospek pelangga yang ada didaftar nama.
  • Mengirimkan booklet dan katalog produk. Melalui channel marketing ini kita harus mempersiapkan waktu kepada desainer untuk membuat design, foto produk hingga copy writing yang baik. Proses ini saja sudah melibatkan paling tidak sebuah tim yang beranggotakan 3 orang atau dua orang bila kita beruntung menemukan karyawan yang kompeten. Bila dihitung dari sisi biaya untuk yang fresh graduate tanpa pengalaman ini sudah berarti sekitar 6 sampai 8 juta rupiah per bulan belum termasuk ongkos cetak. Belum lagi waktu untuk beberapa revisi, mencetak, potong serta memasukan kedalam amplop. Ada juga jeda waktu antara pengiriman materi promosi melalui kurir pos hingga konsumen mengambil dan membacanya.

Dengan jasa email blast marketing yang profesional yang ada di Jakarta, kita dapat mengirimkan dalam waktu sekitar 2 jam sejak ide tercetus dalam benak kita. Biayanya juga pasti lebih efisien dari yang telah disebut diatas atau berkisar Rp. 838 ribu untuk 1.000 konsumen. Email yang dikirimkannya juga sudah pasti mobile first and friendly yang nyaman untuk dibaca pada perangkat ponsel.

Yang perlu kita lakukan hanyalah menyetujui bentuk desain dan copy writing untuk email dan setiap perubahan pada foto. Pekerjaan berminggu-minggu dapat diselesaikan hanya dalam beberapa jam tanpa perlu menggaji karyawan atau memikirkan masalah perekrutan, manajemen SDM hingga uang pesangon.

2. Mengirim Promosi Secara Real Time

Seperti yang telah kita bicarakan di atas, dengan kampanye marketing melalui direct sales dengan mengirimkan katalog maka kita harus memilih program kampanye marketing dan penawaran khusus yang memiliki jangka waktu lama karena diperlukan waktu cukup lama untuk pengembangan dan implementasi kampanye. Atau perencanaan yang jauh sekali dan setiap perubahan dalam kondisi ekonomi moneter akan sangat merugikan.

Karena email blast marketing dapat segera dikirimkan hanya dalam waktu beberapa jam maka kita dapat benar-benar mengirim program promosi dihari yang sama untuk untuk membantu mengurangi stok atau mempromosikan produk dengan waktu terbatas bila dibutuhkan secara khusus.

Keuntungan lain adalah dapat mengirim email blast marketing kepada pelanggan secara real time dengan pesan yang unik kepada pelanggan seperti pada hari ulang tahun untuk mendapatkan diskon khusus hingga produk gratis. Dengan email maka kini waktu yang singkat adalah teman strategis dan bukan halangan.

3. Membina Hubungan Lebih Personal Dengan Konsumen

Manfaat email blast dalam membuat konten marketing yang viral

Kampanye marketing melalui surat kabar bahkan iklan cetak, televisi dan radiopun, kampanye harus dilakukan dalam format “satu untuk semua”. Sangatlah sulit bagi kita untuk berbicara langsung dengan konsumen dengan cara yang personal melalui mass media. Namun dengan email marketing akan menghadirkan banyak peluang dinamis untuk berbicara secara personal dan memiliki hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Kita tidak hanya dapat mempersonalisasi pesan email blast ini dengan nama pengguna atau nama login Anda, tetapi banyak lagi solusi jasa email blast marketing ini yang menawarkan kemampuan untuk memberikan informasi yang dipersonalisasi seperti sejarah penjualan atau pembelian produk hingga mengingatkan untuk memperpanjang polis asuransi yang hampir kadaluarsa.

Membuat email terpisah secara signifikan lebih mudah daripada membuat katalog melalui surat pos, surat cetak atau kampanye iklan dengan sistem pengelompokan.

Dengan jasa email blast ini, kita dapat mengelompokkan daftar pelanggan kedalam daftar yang lebih kecil dan mengirim pesan yang sangat pribadi. Misalnya, kita dapat memilih semua pelanggan atau hanya pelanggan yang berdomisili di Jakarta atau Indonesia saja dan kemudian mengirimkan email promosi tertentu.

Dengan email blast ini maka komunikasi kita dapat lebih mudah untuk berbicara dengan pelanggan dengan cara yang sangat personal dan intim yang tidak mungkin dilakukan dengan saluran dan metode marketing lain.

4. Mudah Melakukan Segmentasi Konsumen

Seperti disebutkan di atas, keuntungan berikutnya karena kita dapat mengelompokkan database konsumen atau pengguna dengan email maka kita bisa membuat kampanye marketing yang sangat spesifik dengan presisi tinggi. Membuat program marketing yang spesifik ini menghasilkan peningkatan konversi penjualan.

Sebagai contoh adalah jika bisnis kita menjual bunga dan kita dapat menemukan semua konsumen yang terdaftar di database yang pernah membeli bunga mawar merah. Saat kita memiliki sisa stock bunga atau stok baru saja masuk maka kita dapat mengirimkan program penawaran khusus hanya kepada mereka saja.

Dengan melakukan hal ini maka kita sudah menggunakan database pelanggan untuk menampilkan pesan yang paling relevan kepada pelanggan yang paling mungkin meresponsnya, dan itulah salah satu strategi marketing yang baik.

5. Berkomunikasi Lebih Sering Dengan Pelanggan

Keuntungan karena waktu untuk melakukan kampanye email marketing membutuhkan lebih sedikit waktu daripada channel marketing dan sarana advertising lainnya maka kini kita dapat lebih sering berkomunikasi dengan pelanggan. Bahkan lebih daripada sekedar mengirimi mereka brosur atau katalog sekali sebulan atau sekali dalam tiga bulan. Kita bahkan dapat dengan mudah mengirimkan penawaran menarik sekali seminggu.

Baca : Cara Mendapatkan Konsumen Pertama Untuk Usaha Yang Baru Mulai

Tentu saja kita bisa mengirimi mereka email lebih sering dari itu jika aktivitas email mereka mendukung dan mereka melakukan opt-in pada waktu pendaftaran mailing list.

Tata laksana pada email blast marketing ini adalah tidak mengirimkan kepada konsumen email lebih dari sekali seminggu. Manfaat jasa email blast ini, kita dapat berkomunikasi lebih sering dengan pelanggan.

6. Lebih Mudah dan Cepat Mengetahui Keberhasilan Program Marketing

Dalam marketing, praktek yang baik adalah selalu mampu mencoba dan menguji berbagai hal. Dengan email marketing hal ini menjadi luar biasa mudah untuk melihat grafik, penawaran bahkan warna apa yang akan direspons paling baik oleh konsumen tanpa perlu menyewa designer atau proses brainstroming yang panjang hanya untuk memilih warna.

Sangat mudah juga untuk mengirim beberapa versi email kepada pelanggan yang berbeda. Versi satu ke bagian tertentu dari daftar mailing list dan versi yang berbeda ke bagian lain dari daftar email database. Dengan melakukan analisa maka kita dapat dengan mengetahui dengan mudah mana program marketing yang berhasil mendatangkan penjualan. Kita akan membahas mengenai alat analisa baik manual ataupun yang menggunakan machine learning dan artificial intellegence.

7. Memudahkan Konsumen Melakukan Rekomendasi Word of Mouth

Kapan terakhir kali kita melihat konsumen menyerahkan brosur atau katalog yang mereka terima ke teman yang mungkin tertarik? Atau pernahkah kita melihat seseorang membuat kliping iklan dari majalah dan mengirimkannya untuk anggota keluarga yang mungkin membutuhkan produk atau layanan itu? Jawabannya sudah pasti tidak pernah.

Tetapi memforward atau meneruskan email atau Whatsapp Chat yang berisikan penawaran atau diskon menarik atau informasi menarik lainnya hanya memerlukan waktu beberapa detik dan banyak sekali konsumen yang melakukannya.

Itu berarti bahwa strategi program marketing yang kita lakukan tidak hanya memiliki jangkauan yang lebih luas tetapi juga menjangkau networking dari konsumen kita yang sekarang telah bertindak sebagai brand ambassador kita

8. Mengurangi Biaya Overhead Departemen Marketing

Strategi marketing dengan channel email untuk mendapatkan traction bagi bisnis kita dapat dilakukan dengan biaya yang sangat rendah. Kita tidak membutuhkan banyak karyawan, desainer, ataupun data scientist bahkan dapat dilakukan tanpa karyawan sama sekali dengan jasa email blast.

Kita tidak perlu pusing memikirkan dan mengalokasikan anggaran untuk membayar untuk biaya pencetakan, pengiriman pos, saluran telepon, atau tarif iklan media cetak.

Keuntungan sebuah program email blast marketing yang efektif benar-benar hanya membutuhkan platform digital dan pengalaman dari pemakainya. Kami telah berpengalaman dalam melaksanakan program email marketing ini sehingga tahu bagaimana menyajikan penawaran yang benar dan membuat copy writing yang unggul serta memilih foto yang benar untuk segmentasi tertentu dari daftar mailing list konsumen.

Tidak ada channel marketing dimana kita mengeluarkan dana lebih sedikit tetapi mendapatkan pengembalian yang lebih besar atas investasi selain email marketing.

9. Menyelamatkan Bumi dan Mengurangi Emisi Karbon Dioxida

Ini mungkin sepertinya tidak berhubungan sama sekali tetapi kita semua berusaha untuk lebih ramah lingkungan. Produk ramah lingkungan atau organik biasanya lebih mahal. Tetapi tidak dengan email marketing.

Ketika kita mengoptimalkan manfaat strategi email blast sebagai komunikasi utama dengan konsumen, direct sales ataupun B2B maka kita juga telah secara langsung menyelamatkan planet bumi kita tercinta ini dengan mengurangi jumlah pohon yang ditebang, hutan yang dibakar serta gas emisi CO2.

Kita semua ingin membantu menyelamatkan planet ini dan mewarisi kepada anak cucu kita sebuah tempat tinggal yang baik. Karena itu marilah membuat keputusan yang bertanggung jawab terhadap marketing channel yang dipilih. Kita dapat melakukannya segaligus, menyelamatkan bumi dan meningkatkan kesuksesan bisnis.

10. Mampu Melacak Penjualan dan User Engagement

Mungkin tidak ada sebuah channel marketing dari konsep strategis traction yang lebih baik untuk mendapatkan informasi yang tepat dan dapat digunakan dalam membantu mengetahui promosi apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil.

Keuntungan jasa email blast marketing yang baik dapat memberikan informasi akurat tentang berapa banyak orang yang membuka email, berapa banyak orang yang mengklik tautan diemail untuk mengunjungi website perusahaan, tautan spesifik mana di dalam email yang diklik, video apa yang ditonton, berapa lama mereka menonton video, berapa banyak konsumen yang mengeluh bahwa email itu spam atau unsubscribe dan, tentu saja berapa banyak email yang berhasil masuk ke inbox pelanggan.

Semua informasi yang didapat tersebut pada akhirnya akan mampu memberikan manfaat kepada kita alat untuk mengambil keputusan tentang arah yang harus diambil dalam membuat strategi email blast yang baik.

Terakhir diperbaharui: 5 September, 2020

Ditinjau oleh: Johan Diharja

Growth Marketing
Digital Marketing
Sales Operasional
Pengembangan Bisnis